PENYAKIT KUSTA

| Minggu, 08 Desember 2013

Penyebab penyakit kusta disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium Leprae. Bakteri kusta ini pertama kali diperkenalkan oleh G. A. Hansen di tahun 1873. Bakteri kusta ini mengalami proses perkembang biakan dalam waktu sekitar 2-3 minggu, pertahanan bakteri ini dalam tubuh manusia mampu bertahan hingga 9 hari di luar tubuh manusia. Bakteri kusta ini mampu bertahan dalam masa inkubasi sekitar 2-5 tahun bahkan lebih dari 5 tahun. Kusta merupakan penyakit kulit yang menular, mereka yang terkena penyakit kusta akan merasa minder dan tidak percaya diri, orang-orang disekeliling penderita kusta cenderung menjauhkan diri karena takut tertular penyakit kusta. Penyakit kusta bisa diobati yang hanya bersifat untuk menekan perkembang biakan bakteri kusta agar tidak menyebar ke bagian kulit lainnya. Padahal penyakit kusta terbilang agak sulit untuk ditularkan dibandingkan dengan penyakit kusta sejenisnya seperti lepra yang disebabkan oleh bakteri yang sama. Namun jenis penyakit lepra yang mudah menular adalah leprematosa. 

Ada 3 tingkat dalam penularan penyakit kusta itu sendiri, yakni : 

1. Seseorang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang tinggi terhadap bakteri kusta, maka orang tersebut 
    akan lebih resisten terhadap bakteri kusta. 

2. Seseorang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, lebih cenderung lebih mudah terinfeksi 
   bakteri kusta dengan penderita kusta lainnya, namun penyakit kusta ini biasanya akan sembuh dengan 
   sendirinya. 

3. Seseorang yang memiliki pertahanan tubuh yang sangat lemah, maka kemungkinan risiko lebih besar  
    terhadap penularan kusta atau terkena infeksi bakteri kusta akan semakin besar. Jika orang yang terkena 
    kusta melakukan kontak langsung dan dalam kurun waktu yang cukup lama sekitar 2-5 tahun akan 
    membawa gen atau carrier pembawa bakteri kusta dan bila tidak segera diobati, maka orang tersebut 
    akan menderita kusta yang cukup lama. Dan tentunya memiliki risiko tinggi untuk menularkan bakteri 
    kusta kepada orang lain disekitarnya. 

Penyakit kusta di Indonesia dari hasil penelitian diketahui ada sekitar 95% penduduk Indonesia memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit kusta. Dengan uraian 5 % orang yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri kusta. Sebagai contoh 100 orang, 95 orang diantaranya terserang kusta, 3 orang sakit namun dapat sembuh dengan sendirinya dan 2 orang lainnya sakit atau terpapar bakteri kusta dan membutuhkan perawatan dan pengobatan.

Penyebab kusta yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae ini mudah terisolir atau menyebar melalui saluran lendir hidung, tanah bahkan udara. Untuk saat ini Indonesia ada dalam peringkat 3 dunia untuk penyandang kusta dengan jumlah penduduk Indonesia yang terkena kusta sekitar 17.723 dari total jumlah penduduk. 



Sumber : http://penyakitkusta.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲